Cari (Telusuri) di Blog Ini

Selasa, 02 Juni 2009

Aktivitas Peternak Pada Malam Hari

Mengisi air kolam di malam hari

Mempersiapkan pakan berupa cacing sutra

Menggantung wadah pakan yang berisi cacing cutra

5 komentar:

  1. berapa kedalaman kolam lele dari terpal, dan bagaimana cara mengurasnya ?

    BalasHapus
  2. Untuk tahap pembesaran lele (tingkat kepadatan 125-150 ekor/m3) kami menggunakan kolam ukuran standar; lebar=4m, panjang=6m, kedalaman=1m, kedalaman genangan air lk 80cm-90cm, ukuran terpalnya 6m x 8m. Selain itu kami juga membuat kolam ukuran 4mx8m; 4mx10m dan 6mx6m untuk tingkat kepadatan yang lebih tinggi.
    Untuk tahap pembibitan bisa digunakan kolam terpal ukuran yang lebih kecil dengan kedalaman genangan lk 40cm-60cm. Pengurasan dilakukan dng 2 cara yakni; mesin pompa atau gravitasi. Terima kasih. [*admin IKT].

    BalasHapus
  3. kalo kolam ukuran 4 meter persegi bagusnya di isi berapa ekor ya?
    nama saya denis.
    asli brebes.
    balas juga di emAil ya,
    dennisharuna@yahoo.com

    BalasHapus
  4. + Jawaban u/ mas Denis di Brebes. (Jawa Tengah).
    Mohon mas Denis infokan kembali pada kami, apakah kolam yg dimaksud untuk ikan lele atau gurami?? Jika hanya u/ memelihara ikan lele (non-intensif, sekedar hobby saja misalnya) maka dengan luas 4 m2 tsb mas Denis boleh coba tingkat kepadatan rendah, < 100 ekor/m3. Disarankan kedalaman genangan air tidak kurang dari 70an cm. Jika kotoran ikan dan sisa2 pakan sdh mulai tampak terakumulasi di dasar kolam maka harus segera dibersihkan, antara lain dengan cara di-siphon karena lebih praktis.,
    Terima kasih atas kunjungannya, Semoga sukses ya.. :)

    BalasHapus
  5. perkenalkan pak saya chok dalimunthe dari manado sulawesi utara,.....
    saya ingin bertanya mengenai penanganan kolam lele, kolam yang kami miliki berupa kolam dasar tanah bekas kolam ikan nila yang memiliki lumpur yang cukup tebal, kedalaman bervariasi karena kontur dasar kolam yang miring dari 1-2 meter dengan luas kolam 80 m2 berbentuk huruf J, apakah kolam demikian baik untuk budidaya lele sangkuriang?
    mohon petunjuknya pak,... trima kasih

    BalasHapus

Mohon cantumkan nama anda, email bersifat optional (bisa disertakan/tidak) saat menuliskan pesan, kesan ataupun komentar. Terimakasih atas kunjungan anda ke blog kami :-)