Cari (Telusuri) di Blog Ini

Rabu, 21 Oktober 2009

Tebar Bibit Gurame

Kondisi air kolam sehari sebelum tebar bibit gurame

Pengayaan oksigen sebelum tebar bibit

Menyamakan temperatur sebelum tebar bibit

Ditahan, sebelum bibit gurame dilepas

Bibit gurame ditebar secara hati-hati

Bibit perlu beradaptasi dg lingkungan baru

Daun pisang yg berfungsi sebagai pelindung

4 komentar:

  1. Bagus dan sangat menarik info yang diberikan di situs ini. Kami dari situs FISH POND ingin berbagi pengalaman dengan Anda. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas kunjungannya & apresiasi yg diberikan pada blog ini. Kami persilakan rekan2 dari FishPond jika ingin sharing informasi, pengalaman & pengetahuan seputar bd daya ikan air tawar khususnya pada media kolam terpal. Semoga dapat menambah wawasan bagi kita semua. Kami tunggu masukannya. [*admin KT].

    BalasHapus
  3. pa mau tanya ne...
    gimana cara pengayaaan oksigen nya ?? masih sedikit bingung...

    budi di depok...

    BalasHapus
  4. @Budi di Depok. (20-04-2010)
    Dengan membuat gelembung2 udara di sekitar titik-titik penebaran (praktisnya dengan menggunakan tangan) sekaligus untuk mempercepat proses penyamaan temperatur antara bagian permukaan air kolam dan bagian air di bawahnya. Hal ini hanya dilakukan jika permukaan air kolam telah terkena sinar matahari langsung sehingga menyebabkan bagian permukaan menjadi lebih hangat dari bagian lainnya. Jika sebagian besar permukaan air kolam belum terkena sinar matahari langsung saat penebaran bibit (perbedaan temperatur air kolam di permukaan dan di bawahnya relatif kecil) maka yang harus lebih diperhatikan adalah penyamaan temperatur air dalam plastik berisi bibit ikan dan air kolam. Cara yang paling sederhana adalah dengan mengapungkan plastik berikut air dan bibit ikannya di permukaan kolam selama beberapa waktu (beberapa menit). Jangan terlalu lama, secukup saja sampai kira-kira kesamaan temperatur telah tercapai atau lebih pastinya dapat diukur dengan alat thermometer stick. Selamat menebar benih, semoga berhasil.

    BalasHapus

Mohon cantumkan nama anda, email bersifat optional (bisa disertakan/tidak) saat menuliskan pesan, kesan ataupun komentar. Terimakasih atas kunjungan anda ke blog kami :-)