Cari (Telusuri) di Blog Ini

Senin, 30 Maret 2009

PNPM MKP diluncurkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan dan Menko Kesra di Kulon Progo Jogjakarta

Acara launching PNPM MKP yang dilaksanakan pada tanggal 17 Maret ini di PPI Karang Wuni, Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan dan Menko Kesra serta para pejabat terkait lingkup Departemen Kelautan danPerikanan dan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Para Pejabat Lingkup Pemerintah Daerah Provinsi DIY,Kab.Kulon Progo,Kab.Sleman,Kab.Bantul dan Gunung Kidul,Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov/Kab/Kota seluruh Indonesia serta stake holders terkait dan masyarakat Kulon Progo.

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri) yang diluncurkan pada bulan April 2007 oleh Presiden RI adalah program nasional yang menjadi kerangka kebijakan dan acuan pelaksanaan berbagai program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat.

Sejalan dengan tujuan PNPM Mandiri, mulai tahun 2009, Departemen Kelautan dan Perikanan menginisiasi program pemberdayaan yang merupakan integrasi program pemberdayaan pada masing-masing eselon satu dalam wadah Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri-Kelautan dan Perikanan (PNPM MANDIRI-KP) yang pelaksanaannya dikoordinasikan oleh Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil melalui Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Pesisir.

Disampaikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan bahwa tujuan utama PNPM MANDIRI-KP adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai komponen kegiatan. Mengingat proses pemberdayaan tidak dapat berlangsung dalam waktu singkat, diharapkan bahwa program ini tidak hanya dilaksanakan dalam waktu setahun tetapi merupakan program prioritas Departemen Kelautan dan Perikanan secara berkelanjutan dalam lokus yang sama sehingga dampaknya dapat terlihat dengan nyata.

Selanjutnya pelaksanaan PNPM MANDIRI-KP diharapkan dapat mendukung program penanggulangan kemiskinan yang sedang digalakkan pemerintah utamanya bagi masyarakat kelautan dan perikanan.

News source:

http://www.pnpm-mandiri.org

2 komentar:

  1. Duwik Cahyono d/a Jatisari Rt.3/3 - Mijen - Semarang14 Agustus 2009 pukul 11.56

    kami kelompok tani yang lagi latihan dan berusaha budidaya ikan lele di kolam terpal, kami belum terdaftar sebagai kelompok petani budidaya lele. yang jadi pertanyaan saya, bagaimana cara mendaftarkan kelompk kami agar terdaftar di departemen yang terkait sehingga diharapkan kami bisa mengajukan PNPM Mandiri? Bagaimana cara mengajukan PNPM Mandiri?

    BalasHapus
  2. Jawaban u/ Duwik Cahyono:
    Ada beberapa persyaratan yg dperlukan u/ mendaftarkan Kelompok Budidaya Perikanan (Pokdakan) pada Dinas Perikanan Pemda, antara lain: mengajukan proposal yg berisi susunan organisasi & kpengurusan pokdakan, AD & ART Pokdakan, dsb. Untuk lebih jelasnya anda dapat menghubungi Kantor Dinas Perikanan setempat atau melalui PPL Perikanan terdekat.
    Informasi tentang PNPM Mandiri dapat anda peroleh di situsnya atau klik saja link pnpm-mandiri.org yg ada pd blog ini. Terimakasih.

    BalasHapus

Mohon cantumkan nama anda, email bersifat optional (bisa disertakan/tidak) saat menuliskan pesan, kesan ataupun komentar. Terimakasih atas kunjungan anda ke blog kami :-)